12 Cara Bikin Lembap Kulit Wajah Menggunakan Bahan Alami

Cara Bikin Lembap Kulit Wajah - Setiap orang mengimpikan kulit wajah yang sehat. Meskipun banyak yang menggunakan pelembap, sebenarnya ada cara alami bikin lembap kulit wajah yang bisa diaplikasikan di rumah.

Cara Bikin Lembap Kulit Wajah Menggunakan Bahan Alami

Kulit wajah yang sehat memiliki kelembapan yang cukup dan terhindar dari kekeringan serta tampilan kusam.

Kekeringan dan tampilan kusam kulit bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti cuaca dingin, mandi dengan air panas, penggunaan sabun antiseptik berlebihan, dan penggunaan scrub yang kasar.

Selain itu, gesekan berlebihan antara tubuh dan handuk juga dapat membuat permukaan kulit menjadi kering.

Jika kulit wajah Anda terasa kering dan kusam akibat kekurangan kelembapan, jangan khawatir. Berikut adalah cara-cara alami untuk melembabkan kulit wajah, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Cara Bikin Lembab Wajah Kulit Pakai Bahan Alami

1. Meminum Jus Cranberry

manfaat jus cranberry untuk wajah lembab

Tidak hanya enak, minum jus cranberry secara teratur juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Pasalnya, Cranberry memiliki sifat hidrasi yang baik untuk kulit.

Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh bubuk akar dandelion ke dalam jus untuk membantu mengeluarkan garam berlebih dalam tubuh. Garam berlebihan dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi.

2. Ramuan Bubuk Almond

ramuan bubuk almond untuk kulit lembap

Tingkatkan kelembapan kulitmu dengan campuran bubuk almond, madu, dan minyak argan! Adapun caranya cukup mudah, seperti berikut:
  • Campurkan bahan-bahan tersebut hingga tercampur merata, lalu oleskan ke wajah.
  • Pastikan bubuk almond telah dihaluskan dengan baik untuk menghindari goresan pada kulit.

3. Oleskan Lidah Buaya

oleskan lidah buaya buat kulit wajah kering

Salah satu cara alami melembabkan kulit wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan tanaman lidah buaya.

Lidah buaya sering kali digunakan sebagai obat alami karena nutrisinya dapat membantu mengatasi kulit kering dan mengembalikan kelembapan.

Caranya, oleskan gel lidah buaya langsung ke kulit wajah. Lakukan ini secara rutin, baik di pagi hari maupun malam setelah beraktivitas, untuk hasil maksimal.

4. Oleskan Minyak Kelapa

manfaat minyak kelapa untuk wajah lembap

Tak perlu repot-repot dalam menggunakan minyak kelapa ini sebagai obat alami untuk melembabkan kulit wajah yang kering.

Cukup oleskan secukupnya pada kulit yang membutuhkan, dan kulitmu akan terasa lembut dan kenyal. Mudah, bukan?

5. Telur dan Yoghurt

telur dan yoghurt untuk melembabkan kulit wajah

Protein dan lemak dalam susu dan yoghurt dapat membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Keduanya juga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan radikal bebas dan polusi udara.

Caranya sangat sederhana, cukup campurkan telur dan yoghurt, lalu oleskan campuran tersebut secara merata pada kulit wajah. Pijat perlahan agar meresap, dan diamkan selama 10 menit.

Setelah itu, bilas dengan air hangat hingga bersih. Pastikan menggunakan yoghurt murni tanpa tambahan gula dan perasa untuk hasil terbaik.

6. Campuran Madu dan Alpukat

masker alpukat dan telur untuk wajah

Buah alpukat mengandung zat-zat yang dapat melembapkan kulit wajah secara alami. Asam lemak dalam alpukat memiliki sifat antibakteri yang baik untuk kulit.

Caranya cukup sederhana, buatlah campuran madu dan alpukat untuk dijadikan masker alami.

Madu dapat membantu menghidrasi kulit kering dan membantu mengatasi noda pada kulit.

Maka, oleskan campuran ini secara merata pada wajah, diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih untuk hasil terbaik.

7. Minyak Essensial dan Teh Hijau

kegunaan teh hijau

Mencoba teh hijau bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah kulit wajah. Campuran teh hijau dengan minyak esensial dapat membantu melembapkan kulit wajah.

Pilihlah minyak esensial seperti minyak almond, minyak vitamin E, atau minyak lavender untuk dikombinasikan dengan teh hijau.

Minyak esensial tersebut memiliki kemampuan menenangkan kulit kering dan sensitif yang sedang mengalami iritasi.

Kemudian, oleskan campuran ini secara lembut dan merata pada wajah kering untuk merasakan sensasi dan manfaatnya.

8. Gunakan Krim Susu

Susu telah dikenal sebagai bahan perawatan tubuh yang efektif. Kamu bisa menggunakan krim susu untuk melembabkan kulit wajah.

Bahan alami ini tidak hanya membantu menjaga kelembapan kulit, tetapi juga dapat mengatasi kulit terbakar dan lingkaran hitam yang mengganggu. Ingat, gunakan krim susu secara teratur untuk hasil terbaik.

9. Oleskan Minyak Almond

Minyak almond memiliki kandungan yang ampuh dan mujarab untuk menjaga kelembapan kulit wajah kering sepanjang hari! Cukup oleskan minyak ini pada kulit dan pijat secara perlahan.

Jika ingin hasil yang maksimal, kombinasikan dengan lidah buaya. Penggunaan kedua bahan ini dengan secara teratur dapat membantu kulit tetap lembap dan sehat.

10. Konsumsi Sayuran dan Ikan

Mengonsumsi sayuran dan ikan sangat disarankan untuk mengatasi permasalahan pada kulit wajah. Pasalnya, kedua jenis makanan ini memiliki kemampuan untuk membuat kulit lebih kenyal dan terhidrasi.

Maka oleh karena itu, biasakanlah mengonsumsi ikan dan sayur secara teratur untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit wajah.

11. Oleskan Mentimun

Mentimun kaya akan kandungan kalium, asam folat, hingga vitamin C. Sehingga, sangat baik untuk melembapkan kulit wajah yang kering.

Caranya, cukup oleskan mentimun yang sudah dihaluskan ke wajah secara rutin. Selain itu, mentimun juga bisa diaplikasikan sebagai masker dengan campuran yoghurt.

Setelah dioleskan, diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air hangat untuk hasil yang maksimal.

12. Minyak Zaitun

Cara alami melembabkan kulit wajah poin yang terakhir yang dapat kami bahas, ialah dengan menggunakan minyak zaitun.

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang efektif membantu melembabkan dan menghaluskan kulit. Oleh karena itu, akan sangat cocok digunakan untuk kulit kering, terutama pada wajah.

Tips Memahami Tentang Jenis Kulit

Sebelum menggunakan bahan alami pada wajah, penting untuk memahami jenis kulitmu terlebih dahulu. Setiap orang memiliki sensitivitas kulit yang berbeda, sehingga penting untuk mengenali kebutuhan kulitmu.

Selain itu, fokuslah pada tindakan pencegahan daripada pengobatan. Kulit wajah sangat sensitif, oleh itu, hindari produk atau bahan yang mungkin menyebabkan iritasi.

Gaya hidup sehat juga berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit wajah. Pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih cukup, dan rutin berolahraga untuk menjaga kelembapan alami kulit.

Hindari mandi dengan air panas setiap hari karena dapat membuat kulit menjadi kering dan tidak lembap. Dengan menjalani tips-tips ini, kamu dapat menjaga kelembapan kulit wajahmu secara alami.

Sahabat larantuka gypsum, semoga tips ini bermanfaat untukmu. Teruslah membaca artikel menarik lainnya hanya di situs larantukagypsum.com Indonesia.