7 Jenis Obat Herbal Yang Dianjurkan Dalam Hadis dan Alqur'an Untuk Keluarga

Jenis Obat Herbal - Kalau sering butuh obat herbal, coba deh tanam sendiri tanaman obat menurut islami yang dianjurkan dalam alqur'an dan hadis yang bisa dilakukan di rumah biar bisa berhemat, sehat, dan murah.

jenis obat herbal islami yang dianjurkan hadis dan alqur'an

Tanaman obat menurut islami yang dianjurkan dalam alqur'an dan hadis ini emang gak asing buat kita, terutama buat keluarga di Indonesia dan Asia. Yuk, tanam obat sendiri!

Obat herbal bukan hal baru, sudah lama jadi pilihan utama buat ngobatin penyakit ringan atau berat.

Tradisi turun-temurun ini juga ada di Islam, dengan banyak ayat Al-Qur'an yang ngejelasin tentang obat-obatan alami. Ada yang udah kita kenal banget kayak kurma sama minyak zaitun.

Tapi masih banyak obat herbal Islami lain yang punya manfaat sehat yang oke. Yuk, kita liat beberapa tanaman obat yang penting banget buat keluarga dan bisa ditanem di rumah!

8 Jenis Obat Herbal Menurut Hadis dan Alqur'an

1. Semangka

semangka merupakan obat herbal yang dianjurkan dalam hadis dan alqur'an

Buah semangka ini diakui dalam hadis Nabi Muhammad Saw, loh. Katanya sih, "Nabi makan semangka sama kurma."
"Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu ‘anha cerita," Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam suka makan semangka bareng kurma". (HR Tirmidzi 1843, disahihkan Imam Al-Albani di Shahih At-Tirmidzi).
Kalo udah diakui sama Nabi pastinya oke, sehat, dan bermanfaat banget dong, ya kan?

2. Labu

labu adalah obat herbal menurut islami

Rasulullah Saw menyampaikan, 'Labu dapat menyembuhkan hati yang sedih.' 🎉 Ucapan Nabi Saw selalu tepat!

Selain itu, ilmu pengetahuan juga telah membuktikan manfaat luar biasa dari labu untuk kesehatan. Labu mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, C, serat, betakaroten, karbohidrat, lemak, dan mineral.

Kesehatanmu adalah yang utama, jadi jangan lupa konsumsi labu! 🌱🥦

#ManfaatLabu #KesehatanAlami

3. Anggur

jadikan anggur sebagai jenis obat yang dianjurkan dalam alquran dan hadis

Al-Qur'an mengakui kebermanfaatan anggur sebagai tanaman obat herbal. Hal ini disebutkan dalam QS Al Kahfi ayat 32, Al Israa ayat 91, dan An Nahl ayat 11.

Jadi, bukanlah rahasia lagi bahwa buah anggur menyimpan berjuta manfaat kesehatan bagi yang mengonsumsinya.

Seperti tanaman obat herbal lainnya, anggur juga memiliki kemampuan mujarab dalam mengatasi berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang sangat serius. 🍇💪

#AnggurBerkhasiat #ObatHerbalAlami

4. Buah Delima

buah delima sebagai obat herbal yang islami

Buah delima adalah tanaman obat herbal yang disebutkan dalam Al-Qur'an, seperti dalam Surat Al An'am ayat 99 dan Ar-Rahman ayat 68.

Delima dikenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi, bermanfaat untuk menjaga aliran darah ke jantung, meningkatkan kesehatan tulang, dan menurunkan kolesterol.

Meskipun tidak begitu populer, buah delima memiliki manfaat yang sangat berharga yang tidak boleh diabaikan. 🍑💪

#BuahDelimaBerkhasiat #ObatHerbalAlami

5. Tanaman Lidah Buaya

obat herbal lidah buaya

Selama ini, lidah buaya memang lebih terkenal karena manfaatnya dalam bidang kecantikan, namun sebenarnya itu hanya satu dari sekian banyak manfaat yang dimiliki oleh tanaman obat herbal ini.

Banyak penelitian yang telah membuktikan beragam manfaat lidah buaya. Bahkan, anjuran penggunaan lidah buaya dapat ditemui dalam hadis Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh Muslim dari Utsman Bin Affan.

Dalam hadis tersebut, Rasulullah Saw bersabda, ‘Balutlah kedua matamu dengan aloevera.’ (HR Muslim)" 🌿✨

#ManfaatLidahBuaya #ObatHerbalAlami

6. Minyak Zaitun

obat herbal islami dari buah minyak zaitun

Tanaman obat herbal Islami lainnya yang dianjurkan dalam Al-Qur’an adalah minyak zaitun. Penjelasan mengenai minyak zaitun dapat ditemukan dalam berbagai surat seperti QS At Tin ayat 1-3, An Nur ayat 35, dan Al Mu’minun ayat 20.

Minyak zaitun kaya akan kandungan baik seperti vitamin A, B, C, dan berbagai nutrisi positif lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaatnya sangat beragam, mulai dari mengurangi peradangan sendi, menurunkan kadar kolesterol, hingga memiliki potensi sebagai obat kanker. 🌿✨

#MinyakZaitun #TanamanObatIslami #KesehatanAlami

7. Minyak Zintan

obat minyak zintan

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah menjelaskan sabda Rasulullah Saw tentang tanaman obat herbal ini.

“Sesungguhnya di dalam habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh segala macam penyakit, kecuali kematian.”

Beberapa manfaat jintan hitam antaranya adalah menjaga sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya ingat, menetralkan racun, dan memberikan nutrisi bagi ibu hamil dan bayinya. 🌿✨

#Habbatussauda #JintanHitam #ObatHerbalIslami

Obat Herbal Islami Lainnya, Yakni Buah Kurma

obat herbal kurma

Tanaman obat herbal dalam penghujung artikel ini adalah kurma, yang sudah sangat dikenal oleh semua kalangan. Kurma merupakan salah satu camilan favorit Rasulullah dan juga dianjurkan sebagai menu berbuka puasa.

Pembahasan mengenai kurma terdapat dalam salah satu ayat Al-Qur’an, yaitu QS Maryam ayat 25-26, serta dalam hadis riwayat Ahmad dan Tirmidzi.

Kurma tidak hanya sekadar camilan enak, tetapi juga penuh dengan manfaat, baik sebagai bahan makanan maupun obat.

Manfaat kurma sangat beragam, mulai dari mengobati infeksi, menurunkan tekanan darah tinggi, menjadi metabolisme alami tubuh, hingga mencegah penyakit stroke. 🌴✨

#Kurma #TanamanObatHerbal #ManfaatKurma
Semoga artikel ini, bermanfaat! Jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial agar semakin banyak orang yang tahu dan kunjungi selalu situs Berita larantukagypsum.com untuk memperoleh informasi menarik lainnya seputar kesehatan.