8 Manfaat Minuman Sari Kurma Buat Daya Tubuh Yang Sehat dan Kuat

Sari kurma dikenal sebagai minuman yang luar biasa untuk meningkatkan kesehatan tubuh karena memiliki berbagai manfaat yang sangat baik. Jika Sobat meragukan hal ini, mari kita lihat sejumlah manfaat khusus dari sari kurma yang dibahas dalam artikel ini.

manfaat sari kurma untuk kesehatan tubuh

Sebagaimana disarankan oleh Nabi Muhammad Saw, kurma tidak hanya lezat tetapi juga kaya manfaat kesehatan.

Salah satu manfaat utamanya adalah sebagai sumber nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan umum, terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak kecil.

Sari kurma memiliki manfaat yang sama dengan buah kurma biasa, namun lebih mudah dicerna karena teksturnya yang halus.

Di dalam sari kurma terdapat berbagai nutrisi penting, seperti Vitamin A, B6, K, folat, zat besi, dan magnesium.

Minuman ini akan sangat cocok digunakan sebagai pengganti suplemen vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama menjalani ibadah puasa.

8 Manfaat Sari Kurma Buat Daya Tahan Tubuh Yang Sehat

Yuk, mari ketahui bersama manfaat-manfaat luar biasa yang dimiliki oleh sari kurma untuk kesehatan tubuh sobat, sebagai berikut:

1. Menunjang Proses Persalinan

Manfaat sari kurma yang pertama sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk memudahkan proses persalinan.

Sari kurma memiliki kemampuan buat merangsang produksi hormon oksitosin, yang merupakan hormon penting dalam memperkuat kontraksi otot rahim selama persalinan.

Seringkali, tenaga medis menggunakan obat oksitosin untuk memperlancar proses persalinan!

Namun, dengan mengonsumsi sari kurma secara teratur sebelum persalinan, Sobat bisa menghindari kebutuhan akan obat oksitosin.

2. Memberikan Nutrisi Buat Ibu Menyusui

Lalu manfaat yang selanjutnya kurma juga mengandung nutrisi penting lainnya untuk bayi dan ibunya, yakni vitamin K dan magnesium.

Vitamin K memiliki peran penting dalam mencegah masalah perkembangan tulang pada bayi dan membantu ibu untuk memperkuat tulangnya.

Sementara itu, magnesium memberikan nutrisi bagi bayi untuk membentuk struktur tulang dan gigi yang baik dan sehat, sekaligus mencegah masalah pada ginjal dan hati.

3. Akar Protein Buat Bayi

Tidak hanya mengandung gula alami, sari kurma juga kaya akan protein dan vitamin esensial lainnya, menjadikannya sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Berbagai vitamin ini menjadi sumber protein yang sangat penting bagi pertumbuhan si kecil! Orang tua tidak perlu khawatir, karena sari kurma dengan kandungan protein tinggi ini mudah dicerna oleh bayi.

Setelah bayi berhenti mendapatkan ASI dan dapat mengonsumsi berbagai makanan, disarankan untuk memasukkan sari kurma ke dalam menu wajibnya.

4. Memberantas Sembelit

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil memang sungguh luar biasa! Saat memasuki tahap akhir kehamilan, ibu hamil sering mengalami masalah pencernaan karena pengaruh dari kehamilan itu sendiri.

Salah satunya adalah sembelit atau kesulitan buang air besar dalam waktu yang lama.

Namun, kandungan serat yang tinggi dalam sari kurma membantu melancarkan pencernaan ibu hamil, sehingga masalah sembelit dapat diatasi dengan mudah.

Dengan mengonsumsi dua sendok makan sari kurma setiap hari, masalah pencernaan bisa teratasi tanpa perlu merasa khawatir lagi!

5. Kebutuhan Asam Folat Terpenuhi

Manfaat sari kurma berikutnya sangat penting, terutama untuk mengurangi risiko cacat lahir pada bayi.

Hal ini disebabkan oleh kandungan asam folat yang tinggi dalam sari kurma! Asam folat bukan hanya penting untuk pertumbuhan otak, tetapi juga sistem saraf pusat selama masa menyusui.

6. Atasi Gangguan Usus

Manfaat sari kurma selanjutnya selain melindungi, juga mampu mencegah gangguan pada usus. Manfaat ini berasal dari kandungan serat yang tinggi dan sulit larut di dalam buah kurma.

Tidak hanya itu, buah kurma juga kaya akan asam amino yang dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

Sebuah studi dalam Journal of Nutrition Review bahkan menunjukkan bahwa serat dalam buah kurma dapat membantu mengatasi masalah gerd atau asam lambung.

7. Penyakit Anemia Teratasi

Sari kurma adalah sumber nutrisi yang sangat kaya akan kandungan zat besinya! Karenanya, sangat penting untuk mengonsumsinya guna memenuhi kebutuhan zat besi tubuh.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan penyakit anemia, oleh karena itu, konsumsi sari kurma menjadi sangat diperlukan. Terlebih lagi, saat menjalani ibadah puasa, gejala anemia bisa sangat berbahaya.

Kandungan nutrisi dalam sari kurma juga sangat bermanfaat sebagai peningkat daya tahan tubuh, membantu Sobat menjalani ibadah puasa dengan kuat dan sehat.