16 Obat Herbal Alami Buat Sakit Kepala dan Nyeri Pinggang Yang Mujarab

Khawatir kecanduan pada obat kimia saat merasa sakit? Nah, coba deh buat obat herbal alami untuk nyeri kepala dan pinggang sendiri di rumah. Dimana biasanya, orang yang sering ngalamin nyeri pinggang itu karena mereka kecapean atau kebanyakan gerak.

obat herbal alami buat sakit kepala dan sakit pinggang yang aman dan mujarab

Orang-orang yang udah memasuki usia senja juga gampang banget ngalamin masalah ini. Selain itu, kalo lagi cape, biasanya kepala juga jadi pegel banget.

Jadi hal itu, bisa karena tekanan darah yang turun, stres, kurang tidur, atau mungkin juga efek hormon dan sakit kepala biasanya juga bisa ilang dengan cepet kalo minum obat.

Jadi, obat apa yang kamu perlukan? Maka mulailah dengan obat herbal yang bisa kamu bikin sendiri di rumah.

Yuk, simak beberapa saran obat herbal alami untuk sakit kepala dan pinggang yang aman untuk tubuh di bawah ini.

Namun, sebelumnya terdapat obat herbal menurut islam yang bisa dibaca informasi selengkapnya pada artikel, "7 Jenis Obat Herbal Yang Dianjurkan Dalam Hadis dan Alqur'an"

Obat Herbal Alami Mujarab Buat Sakit Kepala

1. Minyak Rosemary

obat herbal minyak minyak rosemary untuk sakit kepala

Coba deh, olesin minyak rosemary ke dahi, lalu pijat-pijat lembut. Katanya sih bisa bantu hilangin sakit kepala.

Minyak rosemary juga katanya bisa bantu tumbuhin rambut, bantu inget-ingetan, detox hati, turunin stres, dan bantu proses pencernaan. Jadi, ini bukan cuma buat sakit kepala aja, ya!

2. Cuka Sari Apel

cuka sari apel untuk obat sakit kepala

Nih, ada lagi obat herbal simpel buat sakit kepala yang aman, yakni pakai cuka sari apel.

Cuka sari apel bermanfaat buat seimbangkan pH tubuh, jadi bisa bantu turunin berat badan, kurangin kolestrol, dan atasi gula darah tinggi.

Caranya gampang, campur setengah cangkir cuka sama setengah cangkir air, trus direbus sampai mendidih. Hirup uapnya perlahan-lahan. Mudah banget, kan?

3. Ramuan Daun Kemangi

daun kemangi obat herbal alami untuk sakit kepala

Wangi segar daun kemangi nggak cuma buat aromanya aja, tapi juga bisa bantu meredakan sakit kepala!

Ternyata, daun kemangi punya manfaat analgesik, loh. Minyaknya juga bisa jadi pelemas otot dan bantu atasi sakit kepala karena otot tegang.

Adapun cara bikinnya simpel, tinggal masukin empat helai daun kemangi ke dalam secangkir air, terus direbus sampai mendidih. Minum airnya dicampur teh dan madu. Mantap, kan?

4. Tanaman Cengkeh

tanaman cengkeh untuk obat sakit kepala

Cengkih juga bisa dijadikan sebagai obat alami buat sakit kepala yang aman untuk tubuh, loh.

Selain itu, tanaman ini bisa ngebantu pencernaan, melawan kanker, pelindung hati, dan bisa bantu sistem kekebalan tubuh. Bahkan ngendaliin diabetes juga!

Caranya pun cukup simpel, campur dua tetes minyak cengkih sama satu sendok minyak kelapa dan garam laut. Terus pijetin dengan lembut di bagian pelipis. Ajaib, kan?

5. Ramuan Kayu Manis

obati sakit kepala dengan ramuan herbal kayu manis

Obat herbal alami berikutnya untuk sakit kepala cobalah pake kayu manis, dimana kayu manis kaya antioksidan yang bisa proteksi jantung, ngurangin peradangan, bahkan melawan diabetes dan risiko kanker.

Selain itu, bisa melawan infeksi dan virus, juga bikin napas segar alami, loh! Dan yang penting, bisa bantu sembuhin sakit kepala.

Caranya gampang, halusin kayu manis trus tambahin air sampe kental. Olesin di dahi pas lagi rebahan, biarin aja selama 30 menit. Setelah itu, bersihin pake air hangat deh.

6. Cairan Minyak Peppermint

minyak peppermint untuk mengobati sakit kepala secara alami

Kalo lagi sakit kepala, cobain deh obat herbal dari minyak peppermint agar bisa membuka pembuluh darah yang tersumbat.

Minyak pepermint ada yang rasa mentolnya juga, yang dapat membuat aliran darah di dalam tubuh jadi lebih lancar.

Kandungan antimikroba-nya juga bantu atasi masalah pencernaan, lho. Sakit kepala pasti pergi deh!

Caranya, campurkan tiga tetes minyak peppermint sama satu sendok minyak almond! Trus, pijet-pijet bagian pelipis atau belakang leher.

7. Aroma Lavender dan Mint

Kalo sakit kepala gara-gara tidur yang acak-acakan, cobain deh pake aromaterapi buat bikin badan lebih rileks.

Lama-lama, sakit kepala pasti mereda sendiri dan badan yang rileks bakal ngurangin ketegangan saraf dan bisa bantu hilangin sakit kepala. So, pilih essential oil yang wangi lavender atau mint, ya.

Selain itu, minyak esensial ini juga bisa dipakai buat pijet kepala yang sakit. Jadi, ini tuh obat herbal buat sakit kepala yang serba guna, gitu lho!

8. Racikan Kentang

Obat herbal ini sangat bagus untuk mengatasi sakit kepala, dimana dalam kentang mengandung kalium yang dapat membantu mengurangi sakit kepala.

Tapi kendati begitu, mesti dipastikan bagaimana cara memasak yang benar ya, teman larantukagypsum.com! Lebih baik hindari makanan digoreng, pilih kentang direbus atau dipanggang.

9. Racikan Jahe

Rempah-rempah mempunyai banyak manfaat, termasuk jahe yang kerap jadi bumbu masakan. Obat herbal yang satu ini mengandung gingerol dalam jahe yang bisa meningkatkan peredaran darah tubuh.

Dengan peredaran darah yang lancar, otak mendapat pasokan darah yang baik, membantu menghindari sakit kepala yang parah.

Obat Herbal Alami Mujarab Buat Sakit Pinggang

10. Racikan Jagung

Jagung ternyata memiliki khasiat tersembunyi sebagai pereda pinggang. Ambil rambut jagung kemudian cuci hingga bersih. Siapkan pula jahe merah, adas, dan buah takokak.

Buah takokak biasanya disebut dengan terung pipit karena buah ini masih tergolong ke dalam terung-terungan.

Jangan lupa tambahkan air sebanyak satu liter kemudian rebus hingga mendidih sampai airnya menjadi setengah. Minumlah obat herbal dari jagung ini selagi hangat ya, Sahabat larantukagypsum.com!

11. Tanaman Kumis Kucing

pake obat herbal kumis kucing untuk atasi sakit pinggang

Nah, buat yang suka sakit pinggang, katanya nih bisa coba obat herbal dari tanaman kumis kucing! Gampang banget, tinggal cuci bersih, rebus akar dan daunnya. Tunggu sampe airnya setengah, matiin kompor.

Nah yang spesial, ini obatnya didiamkan semalaman, baru diminum habis keesokan harinya. Semoga manjur deh buat yang lagi kena sakit pinggang!

12. Daun Sirsak

Wah, ternyata daun sirsak punya manfaat luar biasa ya! Buatnya juga gampang banget, ambil 20 lembar daun sirsak, cuci bersih, rebus sampe mendidih.

Minum air rebusan daun sirsak ini sebanyak ¾ gelas setiap hari, katanya bisa bantu ngobatin sakit pinggang loh!

13. Daun Dewa

tanaman daun dewa untuk obati sakit pinggang

Nih, ada juga resep obat tradisional buat sakit pinggang: ambil daun dewa, jahe merah, akar sawi langit, sama temu hitam, dan cuci bersih.

Lalu, rebus semua bahan sampe mendidih dan biarin aja sampe airnya setengahnya! Setelah itu, minum ramuan ini selagi hangat dan jangan lupa minum tiap hari biar sakit pinggangnya makin mereda ya!

14. Bawang Merah

Ini dia obat herbal buat sakit pinggang selanjutnya, yakni ambil akar bawang merah, jahe merah, sama buah sun boi an ango atau kurma cina.

Rebus bahan-bahan itu sampe mendidih, biarin aja sampe airnya setengahnya dan minum ramuan ini selagi masih hangat, rasain deh sakit pinggangnya makin reda.

15. Mengoleskan Bawang Putih

Ada lagi nih, obat herbal buat sakit pinggang selanjutnya, yakni pakai bawang putih. Begini cara buatnya:
  • Siapin bawang putih, bubuk cabai, jahe merah, sama larutan alkohol 75 persen.
  • Campurin semua bahan trus rendam selama 2 minggu.
  • Setelah 2 minggu, ramuan herbal ini udah bisa dipake.

16. Ramuan Obat Asam Jawa

obati sakit pinggang dengan ramuan asam jawa

Dan yang terakhir, ada lagi nih obat herbal buat sakit pinggang yang mujarab, yakni pake asam jawa! Gini cara meramu atau meraciknya ramuan obatnya:
  • Siapin asam jawa dan 4-8 rimpang umbi halia. Umbi halia ini sodaraan jahe dan temulawak, lho.
  • Cuci bersih umbi halia, terus halusin kayak diparut gitu.
  • Campur sama asam jawa, aduk rata. Terus olesin di bagian tubuh atau pinggang yang sakit.
Nah, itu dia 16 obat herbal alami buat mengatasi sakit kepala dan sakit pinggang yang mujarab dan aman untuk tubuh.

Semoga info ini berguna banget buat kalian, teman-teman larantukagypsum! Jangan lupa, tetep stay tuned buat berita seru lainnya di berita larantukagypsum.com!💪😊